Selasa, Mei 27, 2008

Ujian Kenaikan Tingkat Kyu

Baru-baru ini telah dilaksanakan Ujian Kenaikan Tingkat Kyu di Dojo Bukado – Makassar, tepatnya pada hari Sabtu, 24 Mei 2008. Ujian kali ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan di Dojo Bukado. Hal ini merupakan pertanda yang positif bahwa semakin banyak peminat seni beladiri Aikido di kota Anging Mamiri.

Ujian kali ini diikuti sebanyak 15 (lima belas) orang peserta yang terdiri dari 9 (sembilan) orang perserta yang mengambil tingkat kyu-5 (gokyu), 5 (lima) orang peserta mengambil tingkat kyu-4 (yonkyu) dan seorang peserta mengambil tingkat kyu-2 (nikyu). Seluruh peserta dinyatakan lulus dan berhak menyandangkan tingkatan yang baru. Khusus kepada peserta yang naik ke kyu-4 diharapkan untuk menggunakan sabuk biru dan kyu-2 menggunakan sabuk coklat.

Selaku pelatih, saya berharap kenaikan tingkat kyu ini, janganlah dijadikan tolok ukur kemampuan Anda sudah lebih baik daripada yang lain, tetapi kiranya kenaikan tingkat ini dimaknai sebagai tanggung jawab untuk memperlihatkan semangat, tanggung jawab dan jiwa seorang aikidoka sejati. Semakin tinggi tingkatan yang Anda capai maka tuntutan dan tanggung jawab yang diharapkan dari Anda semakin tinggi pula. Oleh karena itu, janganlah berpuas diri dengan apa yang telah Anda capai seperti kata pepatah ‘di atas langit masih ada langit’. Berusahalah untuk terus mengasah teknik-teknik Anda utamanya teknik-teknik dasar (basic techniques). Tidak perlu kuatir dengan orang lain atau dengan kekurangan yang kita miliki, tetapi yang menjadi perhatian kita adalah bagaimana Anda bisa berlatih dengan baik, kontinu sambil mengasah terus teknik yang dimiliki maka niscaya seorang aikidoka sejati akan segera lahir.

1 komentar:

Acha mengatakan...

Hik, sedih banget ngga bisa ikutan ujian.